Home / BERITA UTAMA / KEGIATAN JUMAT KLIWONAN SDN PRAPAGLOR 02 MELESTARIKAN TRADISI ASWAJA

KEGIATAN JUMAT KLIWONAN SDN PRAPAGLOR 02 MELESTARIKAN TRADISI ASWAJA

Prapaglor-Losari… Hari Jumat adalah hari yang penuh berkah, bahkan hari jumat dinyatakan sebagai penghulunya para hari. Di pagi yang cerah dan penuh keceriaan para siswa SDN Prapaglor 02 kembali ke Sekolah beraktifitas seperti biasanya, pagi Jumat ini ( 16/11/2018) terlihat ada yang berbeda,jika biasanya mereka datang hanya membawa perlengkapan sekolah maka pada hari ini bukan hanya perlengkapan sekolah yang mereka bawa, tetapi ada tambahan lain berupa tikar dan buku yasin kecil karena hari ini Jumat Kliwon , mereka akan melasanakan kegiatan khusus hari ini setelah doa bersama mereka akan membaca surat yasin dan tahlil dengan dipandu oleh 2 orang guru agama.

Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh seluruh siswa yang berjumlah 450 siswa ,dewan guru dan staf/karyawan Sekolah Dasar Negeri Prapaglor 02, kegiatan dipandu oleh 2 orang guru PAI, Kisnandar, S.Pd.M.Pd dan Abdul Hannan, kegiatan diawali pada pukul 06.45 WIB dengan tawassul dan pembacaan surat yasin, tahlil dan diakhiri dengan pembacaan doa, para peserta kegiatan dengan khidmat dan khusyu, kegiatan tersebut berakhir pada pukul 07.30 WIB, selanjutnya para siswa masuk ke kelas masing-masing untuk melaksakan kegiatan KBM sebagaimana biasanya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih siswa membaca Alquran sekaligus sebagai program pembiasaan siswa agar mereka dapat melaksanakannya di rumah dan di masyarakat , terlebih lagi masyarakat desa Prapaglor sudah kental dengan kegiatan tahlilan dan yasinan, tutur Kisnandar selaku guru PAI. Sementara itu seorang wali murid yang tidak bersedia menyebutkan namanya menuturkan bahwa dirinya bangga akan kegiatan Jumat Kliwonan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah bahkan memohon supaya ditingkatkan. Konfirmasi senada  juga disampaikan oleh para orangtua murid kelas I dan II yang mengantarkan anak mereka ke sekolah.

Semetara itu Juwita Asmara,M.Pd sellaku Kepala Sekolah saat dikonfirmasi menyatakan harapannya agar kegiatan Jumat Kliwonan ini dapat berlanjut dan dan dapat diterapkan oleh para murid dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga dan masyarakat. (Kom)

Share Artikel
  • 20
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    20
    Shares

About Komaruddin, S.Pd

Komaruddin, S.Pd

Baca Juga

APA KEDUA ORANG TUA RASULULLAH SAW. KAFIR?

Salah satu syarat seseorang dianggap mukallaf -sehingga ia terbebani kewajiban menjalankan syariat dan dimintai pertanggungjawaban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *