Home / BERITA UTAMA / Seruan Dakwah Medsos Dengan Bijak

Seruan Dakwah Medsos Dengan Bijak

(13/03) Pebatan-Wanasari, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Wanasari dan Pengurus Ranting (PR) GP. Ansor Pebatan mengadakan Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) alumni Pelatihan Kader Dasar (PKD) angkatan VII yang ke IV di MI Syuriah Pebatan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Kegiatan ini mengambil tema Berdakwah di sosial media, Dakwah merupakan kegiatan yang bersifat menyeru yang dilakukan oleh pemuka agama untuk menyampaikan ajaran agamanya kepada umat agar mereka beriman dan taat kepada Allah. Secara etomologis, dakwah memiliki arti mengajak, menyeru, atau memanggil. Ini berbeda dengan amar ma’ruf yang berarti memerintahkan berbuat baik, dan nahi munkar yang memiliki arti melarang berbuat munkar. Terkadang orang bingung membedakan antara ketiganya. Atau sengaja membingungkan diri. Sehingga dampaknya, ada orang yang berdakwah dengan cara kasar, omongan yang kotor, menekan, menakut-nakuti, mengancam, dan bahkan dengan pentungan. Mereka bukan lagi mengajak atau menyeru, tetapi memaksa kepada umat agar mau melakukan apa yang mereka serukan. Bukankah Al Qur’an mengajarkan kepada kita untuk berdakwah dengan cara yang lembut dan arif bijaksana.

Ghirroh, semangat dalam berorganisasi khususnya di Gerakan Ansor bisa di implementasikan salah satunya dengan dakwah sosial media. Jangan menganggap memposting kegiatan rutinan ke Ansoran merupakan riya, karena riya yang menilai hanya Allah SWT. Sudah saatnya Ansor menjadi pionir di segala lini termasuk dalam dakwah ber sosil media, tegas Muzaqi instruktur PC Ansor Brebes.

Beliau juga mengajak Kader Ansor harus menghalau kegiatan kegiatan meresahkan yang disusun oleh orang-orang yang non nahdiyin, yang banyak menyebar, menyusup dan ingin menguasai kempung-kampung, terutama di musholla dan masjid-masjid. Kita harus peka terhadap lingkungan.

Instruktur juga berharap kepada kader-kader Ansor harus lebih giat dalam dakwah sosial media, dalam segala bidang kajian ilmu apa saja, baik fiqih, akhlaq, atau pun lainnya. Semoga Ansor yang akan datang bisa lebih baik lagi dalam segala bidang, Amiin.

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
NU Muda merupakan jebolan dari Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Yoyakarta juga dikenal NU muda yang fokus berdakwah di Web bagi kaum marjinal, baik melalui dakwah di dalam maupun di luar NU.

Baca Juga

TAFSIR AYAT AQIDAH (96)

مَن كَانَ یُرِیدُ ٱلۡعِزَّةَ فَلِلَّهِ ٱلۡعِزَّةُ جَمِیعًاۚ إِلَیۡهِ یَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّیِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّـٰلِحُ یَرۡفَعُهُۥۚ وَٱلَّذِینَ …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *