Home / BERITA UTAMA / Ponpes Yanbu’ul Ulum Losari disemprot Disinfektan Virus

Ponpes Yanbu’ul Ulum Losari disemprot Disinfektan Virus

Rabu, 25 Maret 2020, Pemdes Limbangan di bawah pimpinan Siswo Sutejo, bersama jajaran Pemdes, Polsek, BPD, Pengawas Desa, Ansor, Banser serta relawan, menyemprotkan cairan disinfektan. Target dari penyemprotan antaranya tempat ibadah, kantor desa, pasar, dan fasilitas umum lainnya. “Ini untuk mencegah potensi virus menyebar di tempat-tempat umum,”

Di Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum juga di semprot disinfektan virus tersebut oleh jajaran Pemdes dan Banser.

Tak hanya itu penyemprotan dibagi setiap RT wajib membawa tiga tanki seprot yang sudah dipinjam kepada masyarakat dan untuk di sepanjang jalan karena merupakan pasar untuk itu penyemprotan menggunakan mesin cuci motor yang di angkut di tossa yang memuat cairan yang sudah diisi dengan disinfektan, penyemprotan cairan disinfektan juga sebagai upaya edukasi ke masyarakat akan bahaya virus tersebut.

Tak hanya aksi penyemprotan, kegiatan dibarengi sosialisasi kebijakan pemerintah terkait Covid-19. Melalui pengeras suara mobil siaga desa, petugas berkeliling wilayah desa mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. “Seperti yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah, kami juga mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, dan interaksi dengan masyarakat lain dalam keramaian.

Pemdes Limbangan sudah meliburkan aktivitas di kantor desa. Apalagi Pemda sudah melakukan hal sama. Menginstruksikan jajarannya bekerja dari rumah. Namun bukan berarti pelayanan dihentikan.

Pemdes menyebut, pihaknya telah membuka pelayanan secara online. “Program ini sebenarnya sudah ada sejak sebelum ada wabah corona. Dan untuk saat ini, kami tetap bisa menjalankan pemerintahan dengan meminimalisasi kontak langsung dengan masyarakat,”

Komitmen Pemdes Limbangan mencegah penyebaran virus makin meluas juga dibuktikan dengan menghentikan beberapa kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Di antaranya kegiatan, kegiatan pasar malam, dan menyetop sementara kegiatan.

Tak hanya kegiatan preventif, pihaknya juga melakukan tindakan pemantauan masyarakat yang baru tiba di Limbangan. “Khusus warga yang baru pulang dari luar kota, kami minta mereka periksa ke Puskesmas. Kami sudah koordinasi dengan Puskesmas untuk sama-sama memaksimalkan  gerakan malawan virus corona,” tutup Siswo Suteja Pemdes Limbangan.

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
NU Muda merupakan jebolan dari Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Yoyakarta juga dikenal NU muda yang fokus berdakwah di Web bagi kaum marjinal, baik melalui dakwah di dalam maupun di luar NU.

Baca Juga

Upaya Mewujudkan Kemandirian Organisasi

Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai badan otonom di Jam’iyyah NU yang bergerak di bidang kepemudaan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *