Home / BERITA UTAMA / 86 Ansor Banser Indonesia Lahir Bathin

86 Ansor Banser Indonesia Lahir Bathin

Ansor bukanlah organisasi biasa, orang sering lupa bahwa didepan kata Ansor ada singkatan GP yang berarti Gerakan Pemuda.
Berbeda dengan organisasi lain, Ansor adalah sebuah organisasi kepemudaan yang senantiasa bergerak aktif melintasi zaman.

Kenapa bisa demikian?
Karena memang sejak awal berdirinya tahun 1934 GP Ansor membawa spirit perjuangan, pembebasan, nasionalisme, dan kebangsaan. Cikal bakal Ansor adalah organisasi Syubbanul Wathon (Pemuda Tanah Air) yang didirikan tahun 1924 oleh pemuda-pemuda saat itu bersama KH Wahab Chasbullah.

Para pendiri Ansor menamakannya dari suatu Ayat Dalam AlQur’an QS As shaaf ayat 14 tiga kali kata Ansor dlm ayat tersebut yg diartikan sebagai penolong agama Allah.
“Kuunuu anshorullah”…..”man anshoru illallahi”……”nahnu anshorullah”

Para pendiri Ansor juga menamakan nama organisasi Ansor diambil dari nama kaum Anshar di Madinah, masyarakat dan peradabannya sangatlah toleran dan menghormati bagi mereka yang datang di Madina terutama kaum Muhajirin dari Makkah yang berhijrah ke Madinah bersama Rasulallah..

Dengan demikian kita bisa saksikan cita-cita kebangsaan Ansor ini ada bahkan sejak sebelum republik ini diproklamirkan.

Karena didirikan oleh para kyai maka GP Ansor adalah organisasi yang kadernya diperuntukan untuk mengawal para kyai, jam’iyah dan jama’ah NU, dan membela tanah air.

Sebagai sebuah gerakan maka kita bisa melihat Ansor sangat aktif dan dinamis dalam merespon segala persolan bangsa. Kedaulatan energi, kedaulatan pangan, dan kedaulatan atas tumpah darah Indonesia adalah cita-cita yang selalu diperjuangkan GP Ansor.

Komitmen kebangsaan GP Ansor tercermin dalam bait terakhir Mars Ansor “Bangkitlah bangkit putra pertiwi // Tiada gentar dada ke muka // Bela agama bangsa negeri”

Adapun Banser adalah Sayap Perjuangan Ansor yang memiliki Kepanjangan Barisan Ansor Serbaguna.

Dari jejak Sejarah sebelum Indonesia Merdeka Ansor Banser sudah berjuang untuk Kemerdekaan Bangsa, Berjuang untuk Mensyiarkan Ajaran Islam Ahlussunah Wal Jama’ah, Sampai diera pasca Kemerdekaan Ansor Banser ikut Mempertahankan Kemerdekaan. Sejarah Agresi Militer Tentara Sekutu yang dibonceng NICA pada tahun 1945 dan Kejadian Perang 10 November 1945 disurabaya Ansor Banser ikut berperan.
Seruan Resolusi Jihad tgl 22 Oktober 1945 mengobarkan semangat jihad pasukan Ansor Banser diberbagai pesantren.

Perlawanan terhadap DI/TII yg akan membrontak kpd NKRI ditahun 1949-1950an, Penumpasan PKI yg ingin membrontak kpd NKRI ingin mengubah Pancasila diganti dg komunis pd th 1948 dan 1965 ,

Bahkan sampai kini melawan upaya-upaya HTI, NII dan kawan-kawannya yg ingin mengubah Pancasila dg khilafah.

Ansor Banser Slalu Istiqomah,walau dituduh liberal, kafir, Antek Komunis dan sebagainya oleh orang-orang buta sejarah tak peduli. Yang terpenting Ansor Banser bisa bebhakti pada Negeri.
Disaat Indonesia terkena pandemi covid19,seluruh kader Ansor Banser se Nusantara Bergerak Baik dari Tingkat Pusat, Tingkat Wilayah, Tingkat Cabang, Tingkat Anak Cabang, Tingkat Ranting bahkan sampe Anak Ranting.Membantu Sosialisasi kepada Masyarakat, Membantu Mengadakan penyemprotak disinfektan ke Mushola Masjid Majlis Ta’lim dan tempat-tempat Umum Lainnya, Membantu Membagikan Masker Gratis, Membantu Membagikan Sembako Gratis.Membuat Satgas Covid19,
disamping Ikhtiyar Lahiriyah diatas, Ansor Banser juga melakukan Ikhtiyar Bathiniyah untuk melawan pandemi covid 19,kader-kadernya dianjurkan lebih banyak mengamalkan Hizb-Hizb, Sholawat Thibbil Qulub, Li Khomsatun dan ijazah-ijazah lain dari para Ulama khos.

Ansor Banser tidak diGaji tapi rela berjuang untuk Negeri.

Menjadi Ansor Banser adalah 100% Indonesia 100% Islam. Keduanya tidak saling menegasikan, tapi sama-sama menguatkan.

Karena itu kami mengundang seluruh elemen bangsa dari manapun, apapun sukunya, apapun agamanya, mari bergerak bersama, mari meneguhkan komitmen kebangsaan kita demi Indonesia, tanah air kita bersama.

DiUsianya yang Ke-86

Ansor Banser makin banyak diCinta.

“Ahmad Fauzan El Azizi.M.Kub”
(Devisi Aswaja Center Sarkub/Mantan Ketua Bidang Kaderisasi PAC GP ANSOR Ketanggungan-Brebes).

#HarlahAnsor86
#BanserjagaNKRI
#AnsorNU

#AnsorBanserIndonesiaLahirBathin

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
NU Muda merupakan jebolan dari Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Yoyakarta juga dikenal NU muda yang fokus berdakwah di Web bagi kaum marjinal, baik melalui dakwah di dalam maupun di luar NU.

Baca Juga

TAFSIR AYAT AQIDAH (96)

مَن كَانَ یُرِیدُ ٱلۡعِزَّةَ فَلِلَّهِ ٱلۡعِزَّةُ جَمِیعًاۚ إِلَیۡهِ یَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّیِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّـٰلِحُ یَرۡفَعُهُۥۚ وَٱلَّذِینَ …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *