Home / AMALIAH NU / Kisah Karomah Habib Sholeh Tanggul yang Menggetarkan Pintu Langit

Kisah Karomah Habib Sholeh Tanggul yang Menggetarkan Pintu Langit

Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid (Tanggul) dikenal luas dengan berbagai kisah karomah yang sangat melimpah dari Allah SWT. Diantara yang terkenal karomahnya beliau adalah doa’nya beliau mustajab yang tidak pernah ditolak oleh Allah SWT. Jika beliau berdo’a sebelum kedua telapak tangan beliau diturunkan, do’a beliau sudah dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata ‘Ala secepat petir menyambar.

Ini semua karena beliau hamba yang sangat taqwa kepada Allah. Hidup dan wafatnya beliau dipersembahkan untuk mengabdi kepada Allah. Beliau memiliki ilmu kasyaf (mengetahui sesuatu yang belum terjadi). Dan ilmu Kasyaf ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang berhati bersih.
Diantara karomah kasyafnya adalah kisah Habib Sholeh dengan Habib Taufiq Malang.
Habib Sholeh Tanggul memberi nama Habib Taufiq yang sebelumnya bernama Habib Abdurrahim. Ketika Habib Abdurrahim masih kecil diajak sama Habib Abdul Qodir Assegaf (ayahnya) untuk bertemu dengan Habib Sholeh Al Hamid dan ketika itu Habib Sholeh bertanya kepada Habib Abdul Qodir Assegaf, “Yaa Habib ini siapa namanya?”
“Abdurrahim,” jawab Habib Abdul Qodir Assegaf.
“Tolong beri nama Taufiq, karena saya melihatnya di Lauhul Mahfudz. Dia namanya Taufiq dan dia akan menjadi ulama besar nantinya.”
Akhirnya Habib Abdul Qodir mengganti nama Habib Abdurrahim dengan nama Habib Taufiq Bin Abdul Qodir Bin Husein Assegaf hingga sampai sekarang. Subhanallah… Sungguh sangat luar biasa para wali-wali Allah sampai untuk masa depanpun yang belum terjadi mereka mengetahuinya dengan izin Allah Subhanahu Wata ‘Ala.

Mereka sampai kepada Allah bukan hanya memiliki ilmu agama yang luas saja, akan tetapi didasari dengan taqwa, zuhud, waro, ahli ‘ibadah, hati yang bersih, setiap gerak gerik mereka mengikuti akhlaknya Baginda Nabi Besar Muhammad Shollahu ‘Alaihi Wasallam. Karena setiap jalan terputus untuk menuju ke Hadirat Allah, melainkan hanya dengan mengagungkan Nabi serta mengikuti Sunnah-Sunnahya.
Sebagaimana Imam Junaid Al Baghdadi pernah berkata:


كل الطرق مسدودة إلا على من اقتفى اثر الرسول صلى الله عليه وسلم

Artinya: “Semua jalan tertutup (untuk sampai ke Hadirat Allah Subhanahu Wata ‘Ala) melainkan hanya dengan mengikuti akhlaknya Baginda Nabi Besar Muhammad Shollahu ‘Alaihi Wasallam.”
Semoga Habib Taufiq bin Abdul Qodir bin Husein Assegaf diberi panjang umur, sehat Wal ‘Afiat Fi Tho’atillah supaya bisa membimbing umat Islam ke jalan yang diridhoi oleh Allah Subhanahu Wata ‘Ala dan RasulNya. Serta semoga keluarga kita dan anak cucu kita semuanya dijadikan hamba-hamba yang sholeh/sholehah, berkahnya mereka para wali Allah SWT. Aamiin


bisirri Asrari Al Faatihah…


اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد…

‘https://www.facebook.com/kisahkramatwaliallah-

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
NU Muda merupakan jebolan dari Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Yoyakarta juga dikenal NU muda yang fokus berdakwah di Web bagi kaum marjinal, baik melalui dakwah di dalam maupun di luar NU.

Baca Juga

TAFSIR AYAT AQIDAH (96)

مَن كَانَ یُرِیدُ ٱلۡعِزَّةَ فَلِلَّهِ ٱلۡعِزَّةُ جَمِیعًاۚ إِلَیۡهِ یَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّیِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّـٰلِحُ یَرۡفَعُهُۥۚ وَٱلَّذِینَ …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *