Home / BERITA UTAMA / Genealogi Nabi Muhammad SAW

Genealogi Nabi Muhammad SAW

Telah Hadir, Buku berjudul “Genealogi Nabi Muhammad” merupakan buku yang membabar silsilah Nabi Muhammad shallallâh ‘alaihi wa sallam beserta manaqib kakek moyang beliau. Buah karya Sdr. Muhammad Habib Mustofa ini menarik untuk dibaca sebab masih langkanya tulisan-tulisan yang mengupas biografi leluhur Nabi secara lebih luas dalam sebuah karya mandiri.

Buku ini terdiri dari tiga bab yang setiap babnya memuat informasi-informasi penting dan menarik untuk diketahui. Pada bab pertama yang bertemakan “Silsilah Pilihan”, penulis menyinggung di dalamnya perihal kesucian dan keterjagaan silsilah Nabi Muhammad shallallâh ‘alaihi wa sallam dari kekufuran sejak bapaknya, Abdullah, hingga Nabi Adam ‘alaihi al-salâm dengan berlandaskan pada hujah-hujah yang kuat dari al-Quran, Hadis, dan pendapat para ulama Ahlussunnah wal Jamâ‘ah. Tema ini menjadi salah satu fokus bahasan penulis sebagai upaya menjawab kebingungan sementara pihak mengenai kesucian silslilah Nabi shallallâh ‘alaihi wa sallam kaitannya dengan sosok Azar yang disebutkan sebagai bapak Nabi Ibrahim sedang ia adalah penyembah berhala, kemudian terkait dua hadis riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya yang secara lahiriah mengabarkan ketidakselamatan kedua orang tua Nabi di akhirat.

Pada bab kedua yang bertemakan “Nur Muhammad dalam Tulang Rusuk Para Nabi”, penulis mengurai di dalamnya kisah hidup para nabi yang menjadi leluhur Nabi Muhammad shallallâh ‘alaihi wa sallam dengan mencantumkan beberapa riwayat yang jarang diungkap dalam buku-buku kisah para nabi (qashashah al-anbiyâ’). Misalnya, mengenai pribadi Hajar, Ibunda Nabi Isma’il ‘alaihi al-salâm. Hajar bukanlah sahaya Firaun yang kemudian dihadiahkan kepada Sarah seperti yang banyak dipahami selama ini. Hajar justru merupakan putri Firaun sendiri yang diperintah untuk berkhidmah kepada Sarah setelah penguasa Mesir itu mengetahui kedekatan Sarah dengan Allah. Dengan begitu, garis nasab Nabi shallallâh ‘alaihi wa sallam baik dari jalur kakek ataupun nenek benar-benar orang-orang terpandang dan pilihan.

Pada bab ketiga yang bertemakan “Kakek Moyang Yang Mulia” penulis mengurai di dalamnya kisah-kisah keteladanan kakek moyang Nabi yang mengagumkan. Di antaranya, penulis mengutip beberapa kalam hikmah dari mereka yang memiliki kemiripan dengan bunyi pepatah yang selama kita kenal, misalnya pepatah, “Barang siapa menanam pasti akan menuai”, ternyata pepatah itu mirip dengan –atau boleh jadi bersumber dari- kalam hikmah Mudhar, kakek Nabi ke-17, berbunyi, “Siapa yang menanam keburukan, maka ia akan menuai penyesalan”.

Di buku ini pembaca akan menjumpai untaian-untaian ibrah berupa kekokohan iman, kesabaran, kebijaksanaan, kedermawanan, kepahlawanan dan nilai-nilai keteladanan lainnya yang mengundang ketakjuban.

Selamat membaca!!.

==========

“Buku yang ada di hadapan pembaca ini insya Allah akan memberi jawaban pada teka teki yang selama ini jadi bahan diskusi di kalangan ahli Sirah Nabawiyah akan keberadaan nenek-moyang Rasulullah Shallallâh ‘alaihi wa sallam itu berasal dari orang-orang suci dan terpelihara atau bukan. Dengan senang hati, lahirnya karya Sdr. Muhammad Habib Mustofa ini semoga semakin bisa menambah wawasan Sirah Nabawiyah, yang dari masing-masing karya sekaligus akan menjadi mukjizat bagi Rasulullah Shallallâh ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana Ibn Hazm menjelaskan dalam karyanya “Jawami’ Sirah Nabawiyah”, bahwa dari sekian banyak mukjizat Nabi Muhammad Shallallâh ‘alaihi wa sallam, salah satu mukjizat selain Al-Qur’an adalah munculnya berbagai Sirah Nabawiyah yang lahir di tengah-tengah umatnya.”

Dr. Ajid Thohir -Ketua Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung & Penulis Buku “Sirah Nabawiyah: Nabi Muhammad Saw. dalam Kajian Sosial-Humaniora”-.

==========

GENEALOGI

NABI MUHAMMAD

Kuningan ©️ 2020, Muhammad Habib Mustofa

Editor : Tim Pena

Setting : Goresan Pena Publishing

Penata Isi : C. I. Wungkul

Desain Sampul : C. I. Wungkul

Referensi

207 hlm. ; 14 x 21 cm

ISBN : 978-623-275-022-7

Cet. I, Mei 2020

Soft Cover

Harga:  Rp. 60.000

(belum ongkos kirim)

Info pemesanan:

Via Wa/ telp/ sms

081909810101

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
NU Muda merupakan jebolan dari Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) UIN Yoyakarta juga dikenal NU muda yang fokus berdakwah di Web bagi kaum marjinal, baik melalui dakwah di dalam maupun di luar NU.

Baca Juga

TAFSIR AYAT AQIDAH (96)

مَن كَانَ یُرِیدُ ٱلۡعِزَّةَ فَلِلَّهِ ٱلۡعِزَّةُ جَمِیعًاۚ إِلَیۡهِ یَصۡعَدُ ٱلۡكَلِمُ ٱلطَّیِّبُ وَٱلۡعَمَلُ ٱلصَّـٰلِحُ یَرۡفَعُهُۥۚ وَٱلَّذِینَ …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *