Home / AMALIAH NU / SAYA TETAP NU SELAMANYA

SAYA TETAP NU SELAMANYA

Oleh : KH. Rojih Ubab Maimoen*

Sebelum dilahirkan, Mbah Moen sudah mendapatkan keberkahan doa para pendiri Nahdlatul Ulama, yaitu Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Wahab Hasbullah, dan Kiai Bisri Syansuri. Setelah lahir, beliau juga mendapatkan keberkahan doa lagi dari wakil Rais Akbar Nahdlatul ulama, yaitu Kiai Faqih Maskukambang. Karena kentalnya sejarah Nahdlatul Ulama dari Mbah Moen, maka beliau sering mengatakan, “Saya sudah menganut NU sebelum dilahirkan.”

Perjuangan Mbah Moen selalu mengikuti irama Nahdlatul Ulama, mulai dari berorganisasi, berpolitik, dan bermanhaj. Meskipun ia sempat vakum di stuktural Nahdlatul ulama (semenjak Muktamar Cipasung hingga Muktamar Makassar), namun beliau tetap menganut NU.

Dalam beberapa kesempatan, Mbah Moen menyampaikan nasehatnya kepada para santrinya agar tetap di Nahdlatul Ulama. Hal ini senada dengan amanah mertuanya, Kiai Baidlowi Lasem yang mengatakan, “Rawatlah NU meskipun tinggal papan namanya saja.”

Ketika Mbah Moen mendapat amanah sebagai Mustasyar PBNU (2010-2019 M), beliau sering memberikan nasehat agar memperjuangkan ajaran Ahlussunah wal Jamaah yang dianut Nahdlatul Ulama sebagaimana jejak ayahnya (Kiai Zubair Dahlan) yang aktif dalam Jamiyyatun Nasihin yang mengenalkan ajaran NU ke desa-desa melalui pengajian atau dakwah keliling.

Seandainya ada anggota Nahdlatul ulama yang jalannya menyimpang dari para pendiri Nahdlatul Ulama, maka itu hanya oknum saja. Tetaplah bersabar di Nahdlatul ulama, dalam arti tetap mengamalkan ajaran NU.

Jangan pisahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Nahdlatul Ulama. Keduanya mempunyai hubungan erat. Bahkan menurut Mbah Moen, empat pilar kebangsaan terdapat dalam Nahdlatul Ulama, yaitu PBNU yang merupakan singkatan dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Undang Undang Dasar 1945.

Karena ajaran NU yang sesuai dengan yang risalah yang dibawa Baginda Rasulullah Saw, religius-nasionalis atau nasionalis-religius, maka Mbah Moen ingin tetap menganut Nahdlatul ulama selamanya. “Saya ingin tetap NU selamanya,” ujarnya suatu ketika.

*Anggota DPR RI

Post : Salam Nahdliyin

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
"Mencintai negara sebagian dari iman."

Baca Juga

DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA

Allah ° menciptakan dunia ini untuk kita manusia namun kita diciptakan oleh Allah bukanlah untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *