Home / ARTIKEL HIKMAH / Waspada Jin Pengganggu Rumah Tangga

Waspada Jin Pengganggu Rumah Tangga

Suami Istri Harus WASPADAI “Jin Dasim”, Jin Penghuni Rumah yang Punya Tugas Khusus “Ini”! Kenali Cirinya Bila Ada di Rumah Anda dan Cara Mengatasinya..

Kenalin namanya JIN DASIM. Hobinya Bikin Rumah Tangga dan Isi Rumah Galau. Dasim adalah nama dari Bangsa Jin yg tugasnya gangguin Isi Rumah kita, termasuk urusan Rumah Tangga. Yang perlu di perhatikan adalah JIN Dasim ini ada di setiap rumah dan memiliki tugas tugas khusus.

Kecerdikan setan Dasim

Sebagaimana andalan Iblis lainnya, Dasim adalah jagoan yg sangat dipuja oleh Iblis. Sasaran tembaknya adalah keluarga. Karena dengan hancurnya sebuah keluarga, maka akan berpengaruh terhadap masyarakat, umat dan ibadah mereka.

Dasim selain cerdik, militansinya sungguh luar biasa. Berbagai cara ditempuhnya untuk mencapai goal yg telah ditargetkan untuknya.

a. Sebab disebut takwa Mungkin ada pembaca yang berfikir itulah potensi manusia yang memang suka salah dan lupa. Itu pun benar karena dalam sabdanya Rasulullah Saw mengingatkan kita tentang itu. “Al insanu makhalul khata’ wan nisyan”, Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Tetapi jangan karena itu terus kita melupakan potensi lain dan meninggalkan perintah Allah. Coba bayangkan apabila kita tidak memiliki potensi salah dan lupa, niscaya penyakit stres akan semakin memenuhi jagad raya ini.

Seseorang yg sedang mengalami kesedihan dan tidak bisa melupakannya, apa tidak murung dan stres selamanya? Demikian juga kalau tidak pernah salah, maka tidak ada orang yg bertakwa kepada Allah Swt. Karena ada takwa disebabkan oleh adanya larangan yg ditetapkan oleh-Nya. Dan tentu saja selalu saja ada yg patuh dan ada yg melanggarnya.

Dari salah itulah lalu kita diperintahkan untuk beristighfar kepada Yang Maha Mengampuni bila sempat ikut melanggar.

Kemudian langkah berikutnya adalah menuju takwa sebagai status tertinggi suatu kemuliaan. “Inna akramakun indallahi atqaakum”. Sesungguhnya yg paling mulia disisiku adalah yg paling bertakwa diantara kalian.

Apa hubungannya dengan Dasim?

Inilah yg harus kita telusuri dan pelajari untuk kemudian kita ambil tindakan. Ketika masih pacaran (mohon maaf bagi yg tidak setuju dgn sebutan pacaran), maksud saya ketika masih dalam masa penjajakan atau istilah kerennya PeDeKaTe, seolah calon pasangan kita tuh tidak ada cacatnya. Tak perlu saya contohkan karena para ustadz sudah banyak menyinggung masalah ini.

Dan setelah menikah, mengapa sedemikian sering pasangan suami istri saling tidak suka, saling menyalahkan bahkan membenci satu dgn lainnya. Kalau mau saya beri tahu, itu salah satunya akibat ulah Dasim. Dasim ini laskar Iblis yg memiliki spesialisasi di bidang ‘menghancurleburkan ikatan perkawinan’.

Untuk bisa disebut takwa, maka kita harus melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Jadi bukan saja taat atas perintah-Nya, tetapi juga wajib meninggalkan hal2 yang dilarang. Inilah takwa.

b. Aksi Dasim Terkadang secara tiba2 seorang istri bisa membenci suaminya. Alasannya katanya jelek, membosankan atau bahkan tanpa alasan. Dan sebaliknya suami juga mengalaminya. Perilaku pasangan hidup pun acap memuakkan bagi seseorang. Lalu berpalinglah ia dari pasangannya. Yang lebih menggemaskan adalah kenyataan bahwa ‘rumput tetangga lebih hijau’, untuk menjelaskan betapa milik orang lain kelihatan lebih baik dari yg kita terima dari-Nya.

Penyesalan pun lalu bergelayut di kepala kita. Berbagai pengandaian yg terangkum dalam lamunan acap hadir menghiasi hari2 bersama Dasim yg siap menjadi mentor. Allah sudah bersumpah bahwa Dia menghalalkan perceraian meski juga melaknatnya.

Jalan itulah yg membuat Dasim semakin berkibar dan menduduki posisi setan terhandal yg dimiliki Iblis. Jangankan keluarga yg memiliki masalah, baik masalah yg terurai tadi atau masalah anak dan keuangan, keluarga yg tidak bermasalah saja bisa dibuat menjadi bermasalah oleh Dasim dan krunya. Dan anehnya, ketika sebuah rumah tangga telah hancur dan semua yang terkait menyesalinya, Dasim kabur, seolah ide brilian yg terus dicekokkan kepada para aktornya tadi bukan darinya. “saya tidak tahu menahu, saya hanya takut kepada Allah Swt (Hadits),” luar biasa.

Dengan hancurnya ikatan perkawinan, sebuah bahtera rumah tangga akan kacau balau, berantakan. Sang istri menjadi korban, suami juga demikian, dan yg paling parah menerima dampak adalah anak, bila pernikahan itu sudah memberikan keturunan. Subhanallah. Akhirnya dibawa ke masyarakat juga akan demikian.

Apalagi kalau pejabatnya pada kacau semua rumah tangganya, bahagia sekali sang Iblis. Karena akan sangat mudah menghancurkan manusia, dunia dan isinya. Betapa memang berat menjadi manusia yang memiliki permasalahan sedemikian pelik. Lalu, Dasim akan tertawa lebar tatkala suatu istana rumah tangga pecah akibat ulahnya. Laporan kepada bosnya pun akan membuatnya semakin girang karena mendapat banyak bonus dari sang pemilik bisnis, Iblis.

Cara melawan Dasim

Pertama kita harus paham bahwa dia ada dan akan terus berjuang untuk menyelesaikan tugasnya.

Kedua, yakinlah bahwa jodoh yang sedang bersama kita itu adalah kehendak Allah dan jangan melawannya. Bahwa setelah tidak mampu melakukan pembinaan kepada pasangan kita, dan harus berpisah, pisah saja, meski itu tetap dalam koridor pengaruh Dasim. Kecuali kita tidak yakin bahwa kita akan selamat pada mahkamah Allah di akherat kelak dalam menghadapi tuntutan pasangan kita.

Ketiga, ingatlah dan bila perlu catatlah semua kebaikan dari pasangan kita. Kemudian pada saat ada masalah bukalah dan sampaikan, insya Allah akan muncul suatu ketulusan yang akan mampu mengusir Dasim diantara Anda dengan pasangan.

Keempat, terus dan teruslah mempelajari dan mengamalkan ajaran agama untuk kehidupan sehari hari. Insya Allah pikiran kita tidak akan sempat untuk berbuat yang aneh-ane akibat tidak ada ruang bagi Dasim.

Kelima, dekatkan diri Anda kepada Allah yang akan memberikan jalan keluar bagi orang yang bertakwa kepada-Nya. Bahkan andaipun ternyata berpoligami akan menjadi solusi, itu adalah maunya Dia, bukan sekedar kehendak manusia.

Keenam, lakukan ikhlas dgn 5 komponennya. Yaitu (1) syukur, (2) sabar (3) fokus dengan apa yang diinginkan yang baik-baik, (4) yakin akan kebesaran Allah, dan (5) berdamai dengan semua pihak, dalam semua kondisi. Insya Allah akan sukses menjadikan rumahku, istanaku.

Ketujuh, teruslah berusaha menemukan guru yang mengajak meninggalkan lima perkara menuju lima perkara. Yaitu “Janganlah kalian duduk di depan setiap orang alim, kecuali orang alim itu mengajak meninggalkan lima perkara untuk melaksanakan lima perkara. Yaitu (1) dari ragu menuju yakin, (2) dari riya’ menuju ikhlas (3) dari sombong menuju rendah hati (tawadhuk), (4) dari cinta dunia menuju zuhud (5) dari permusuhan menuju persatuan.” (Kitab Ihya’ Ulumudin)

Apa aja Tugasnya?

  1. Merusak keharmonisan Rumah Tangga

Salah satu tugas penting Jin Dasim adalah membuat hubungan suami istri menjadi ribut, gampang bertengkar. Tanda tandanya adalah saat ada dalam hati pasangan suami istri ini saling benci.

Kalau sudah begini segera minta perlindungan pada Allah untuk membebaskan diri dari pengaruh jahat dan bisikan Jin Dasim.

  1. Ikut makan bareng terhadap makanan yg saat dihidangkan dan memakannya tidak mengucapkan Bismillah

Tugas Dasim ini untuk melalaikan kita dari mengingat Allah pas mau makan. Makanya penting juga mengeraskan bacaan Bismillah didepan anak2 biar terbiasa hingga menua.

  1. Masuk dalam Kamar atau Ruang Kosong.

ada Jin Dasim yg menempati kasur empuk untuk tidur bermalam.

Karena hal ini Rosulullah mengajarkan kepada kita untuk memukulkan atau menyapu tempat tidur atau kursi dgn sajadah, sarung atau benda lainya sambil membaca ayat ayat perlindungan seperti Al ikhlas, Al falaq dan Annas. Insyaaah Jin Dasim enggan untuk bersantai di Kasur atau kursi rumah kita.

Rasulullah Solallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
Jika salah seorang di antara kalian memasuki rumahnya, lalu ia berdzikir pada Allah ketika memasukinya dan ketika hendak makan, maka setan pun berkata (pada teman2nya), “Sungguh kalian tidak mendapat tempat bermalam dan tidak mendapat makan malam.” Namun ketika seseorang memasuki rumah dan tidak berdzikir pada Allah, setan pun berkata (pada teman2nya), “Akhirnya, kalian mendapatkan tempat bermalam.” Jika ia tidak menyebut nama Allah ketika makan, setan pun berucap (pada teman2nya), “Kalian akhirnya mendapat tempat bermalam dan makan malam.” (HR. Imam Muslim).

Tips yg termudah untuk mengusir Jin Dasim adalah dgn mengucapkan SALAM saat memasuki rumah, Kamar dan Ruangan Kosong. Biar makin adem ditambah dgn dibacakan Alqur’an oleh penghuninya.

ada dua tindakan yg bisa Anda lakukan;

Pertama, pengobatan

Maksud kami adalah mengusir jin itu dgn segera.

Cara yg paling efektif dalam hal ini adalah membacakan surat Al-Baqarah, satu surat penuh. Ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yg dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Imam Muslim, Imam At-Turmudzi)

Sahabat Ibnu Mas’ud mengatakan:

إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ

“Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR. Imam Ad-Darimi 3422, Imam At-thabrani dalam kitab Mu’jam Al-Kabir).

Hanya 3 hari?

Terdapat keterangan bahwa setan meninggalkan rumah itu selama 3 hari. Ini berdasarkan hadis dari Sahl bin Sa’d radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ فِي بَيْتِهِ لَيْلًا لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ ثَلَاثَ لَيَالٍ

“Siapa yg membaca surat Al-Baqarah di malam hari maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga hari..” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya).

Hanya Setan yang Mengganggu

Setan yg lari dari rumah yg dibacakan surat Al-Baqarah adalah setan yang mengganggu secara zahir. Sebagaimana keterangan yang dinukil Ibnu Hibban, dari Imam Abu Hatim:

قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ»، أَرَادَ بِهِ مَرَدَةَ الشَّيَاطِينِ دُونَ غَيْرِهِمْ

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “setan tidak akan memasuki rumahnya” maksudnya adalah setan yg membangkang (mengganggu) bukan yg lainnya. (Shahih Ibnu Hibban)

Siapa yang Membaca?

Siapa saja, tidak harus tuan rumah. Lebih2, jika tuan rumah sendiri tidak bisa membaca Alquran. Karena lafal dalam hadis: “yg dibacakan surat Al-Baqarah” dengan bentuk kalimat pasif. Artinya siapapun yg membaca, selama dilakukan di dalam rumah, telah memenuhi syarat untuk mengusir setan.

Hanya saja tidak boleh menggunakan rekaman Mp3 atau sejenisnya. Karena membaca butuh niat, dan audio player atau komputer tidak bisa berniat.

Kedua, tindakan pencegahan

Tindakan ini merupakan upaya berkelanjutan selama menempati rumah tersebut. Karena berkelanjutan, upaya ini hanya bisa dilakukan oleh tuan rumah atau orang yg menempatinya. Dia tidak lagi bisa bergantung atau meminta bantuan orang lain. Karena itu, upaya ini lebih menekankan pada mental keagamaan penghuni rumah.

Ada beberapa rutinitas yg selayaknya dilakukan, agar rumah kita selalu dijauhi setan yg suka mengganggu:

  1. Rajin baca Alquran dan ibadah apapun di dalam rumah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yg dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Imam Muslim dan Imam At-Turmudzi)

Dalam hadis ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam men-kontras-kan antara rumah dgn kuburan. Beliau memerintahkan agar rumah kita tidak dijadikan seperti kuburan. Salah satu sifat yg mencolok dari kuburan adalah itu bukan tempat ibadah. Agar rumah kita tidak seperi kuburan yg bisa jadi banyak setan pengganggu, gunakan rumah kita untuk ibadah.

Hadis ini sekaligus menuntut Anda yg belum bisa membaca Alquran agar segera dan serius dalam belajar Alquran. Untuk menjadikan rumah Anda sebagai taman bacaan Alquran, tidak mungkin setiap hari Anda harus mengundang orang lain.

Dalam hadis dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اجْعَلُوا فِي بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

“Jadikanlah bagian shalat kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.” (HR. Imam Bukhari, Imam Muslim, dan yg lainnya).

Maksud shalat di sini adalah shalat sunah yg dikerjakan sendiri dan tidak berjamaah. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis:

إِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الصَّلاَةَ المَكْتُوبَةَ

“Susungguhnya shalat seseorang yg paling utama adalah shalat yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (HR. Imam Bukhari dan yang lainnya).

  1. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan.

Sikap cuek, tidak peduli, ternyata menjadi cara ampuh untuk mengusir setan. Setan sebagaimana manusia, ketika dia mengganggu, kemudian tidak digubris, bisa jadi dia akan bosan untuk mengganggu Anda.

Berbeda ketika Anda merasa ada yang mengganggu, kemudian Anda cari2 di mana tempatnya, atau bahkan Anda ajak bicara, atau Anda siram dgn garam dan semacamnya, dia akan semakin menjadi2 dalam menggoda Anda.

Dari Abul Malih dari seseorang, dia berkata, “Aku pernah diboncengi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu tunggangan yg kami naiki tergelincir. Aku pun mengatakan, “Celakalah setan”. Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang,

لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

“Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan”, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dgn sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai2 dia akan seperti lalat.” (HR. Imam Ahmad Ibnu Hambal dan Imam Abu Daud)

Ketika Anda mendengar atau melihat ada sesuatu yg mengganggu, jangan diajak bicara, tapi mintalah perlindungan kepada Allah dan berdoa kepada-Nya.

  1. Baca doa ketika masuk rumah

Hal kecil yg mungkin perlu dibiasakan adalah memulai segala yang penting dgn doa atau dzikir. Salah satunya, ketika kita masuk rumah. Meskipun kelihatanya remeh, namun hasilnya luar biasa.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ

“Apabila ada orang yg masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Imam Muslim, Imam Abu Daud dan yg lainnya)

  1. Baca doa ketika hendak makan

Membaca basmalah ketika hendak makan, menjadi penghalang setan untuk ikut makan bersama Anda. Hadis dari Jabir di atas menegaskan hal ini,

وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، فَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Tapi apabila dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’. Dan jika dia tidak mengingat Allah ketika makan maka setan akan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam’.” (HR. Imam Muslim, Imam Abu Daud dan yg lainnya)

  1. Baca doa ketika tutup pintu

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan banyak saran agar kita tidak terganggu setan. Salah satunya:

وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yg tertutup (yg disebut nama Allah).” (HR. Imam Bukhari, Imam Muslim dan yg lainnya)

Sekali lagi, hanya dgn membaca: Bismillah..

  1. Berdoa ketika keluar rumah

Satu doa ketika keluar rumah. Ringkas, mudah dihafal, tapi khasiatnya besar:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dgn Allah.

Dalam hadis dinyatakan, siapa yg keluar rumah kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Maka setan kemudian berteriak:

كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

“Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi.” (HR. Imam Abu Daud dan Imam Turmudzi).

Post : Salam Nahdliyyin

Share Artikel
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

About NU Muda

NU Muda
"Mencintai negara sebagian dari iman."

Baca Juga

DUNIA SEMENTARA AKHIRAT SELAMANYA

Allah ° menciptakan dunia ini untuk kita manusia namun kita diciptakan oleh Allah bukanlah untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *