Home / IPNU IPPNU

IPNU IPPNU

IPNU-IPPNU adalah bagian dari ribuan kelompok sosial yang berada di tengah-tengah masyarakat.Pengertian dari kelompok sosial itu sendiri ialah “Himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama,karena adanya hubungan diantara mereka.Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling memengaruhi dan juga suatu keadaan untuk saling menolong”(Soerjono Soekanto,2013:104).

Mengenai tipe kelompok sosialnya,IPNU-IPPNU merupakan bagian dari kelompok sosial formal.Formal disini ialah “Kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya untuk mengatur hubungan antar sesama…”(Soerjono Soekanto,2013:123).

Merujuk kembali ke pembahasan IPNU-IPPNU,bahwa IPNU-IPPNU adalah salah satu badan otonom dan organisasi keagamaan serta kemasyarakatan milik Nahdlatul Ulama yang merupakan wadah bagi pelajar yang memiliki faham Ahlusunnah Wal-Jama’ah An-Nahdliyah.

Dalam keorganisasiannya,organisasi ini terpisah antara putra dan putri.Untuk putra,masuk ke dalam kelompok organisasi IPNU,karena IPNU adalah kepanjangan dari “Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama” sehingga kelompok ini terdiri dari barisan pelajar putra Nahdlatul Ulama(NU).Sedangkan untuk putri sendiri masuk kedalam organisasi IPPNU ,karena IPPNU adalah kepanjangan dari “Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama”sehingga  sudah sangat jelas bahwa IPPNU tersebut terdiri dari pelajar putri dengan berfahamkan Ahlusunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah.

Mengetahui bahwa IPNU-IPPNU adalah bagian dari kelompok sosial formal,tentu tak lepas dari adanya struktur keorganisasian atau kepengurusan.maka dari itu,Berikut struktur kepengurusan di dalam organisasi IPNU-IPPNU:

      1. Pimpinan Pusat IPNU-IPPNU

      2. Pimpinan Wilayah,untuk daerah Provinsi

      3. Pimpinan Cabang,untuk wilayah Kabupaten

      4. Pimpinan Anak Cabang,untuk wilayah Kecamatan

      5. Pimpinan Ranting,untuk Desa atau Kelurahan.

      6. Pimpinan Komisariat 

Di Kabupaten Jember sendiri,telah terbentuk cabang IPNU-IPPNU di beberapa wilayah Kecamatan Kabupaten Jember.Seperti yang penulis tahu,bahwa cabang IPNU-IPPNU untuk wilayah kecamatan telah terbentuk di Kecamatan Ambulu,Kecamatan Wuluhan dan Kecamatan Patrang.

Dalam gerakannya,IPNU-IPPNU terjun ke dalam dua bidang sekaligus yakni bidang keagamaan dan bidang kemasyarakatan.Karena memang IPNU-IPPNU sendiri adalah organisasi keagamaan dan kemasyarakatan seperti yang telah disebutkan di penjelasan awal.Dalam bidang keagamaan,IPNU-IPPNU berusaha menyebarkan faham Ahlusunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh pendiri Nahdlatul Ulama,yakni K.H. Hasyim Asy’ari.Sedangkan di bidang Kemasyarakatan,IPNU-IPPNU aktif di kegiatan-kegiatan masyarakat dan juga pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan kader-kader muda NU.

Mengenai tujuan terbentuknya IPNU-IPPNU sendiri ialah,untukmengembangkan strategi dakwah,melatih kepemimpinan dan sebagai pelajaran terkait keorganisasian serta sebagai pengembangan dalam aspek keagamaan.

Tak hanya itu,IPNU-IPPNU dibentuk juga sebagai wadah persatuan pelajar Nadlatul Ulama(NU)yang Diharapkan dengan terbentuknya organisasi tersebut,dapat melahirkan kader-kader baru yang berwawasan luas dan kuat dalam mempertahankan faham Ahlusunnah Wal-Jama’ah An-Nahdliyahserta dapat pula mempererat tali kekerabatan antar pelajar Nahdlatul Ulama(NU).

Sumber: WAKA II Kaderisasi IPNU PAC Patrang